8+ Cara Mengatasi Android Mati Sendiri

Cara Mengatasi Android Mati Sendiri

Sempatkah kamu alami kala lagi asik bermain hp android tetapi seketika mati sendiri? Pasti sangat menjengkelkan, Kamu wajib selekasnya mencari tahu apa penyebabnya serta cara buat mengatasi android yang restart sendiri.

Tidak sedikit pengguna hp android yang hadapi mati sendiri. Perihal ini pasti saja bakal sangat mengusik apabila kita lagi menyelenggarakan kegiatan bermain permainan online ataupun lagi mengerjakan suatu pekerjaan di hp android.

Permasalahan ini dapat saja dirasakan pada seluruh merek hp android baik itu dari vendor asus, xiaomi, samsung, oppo, vivo, serta yang yang lain. Bila kamu pula mengalaminya, hingga kamu harus mengenali apa pemicu serta cara mengatasinya.

Alasannya, terdapat pula yang hadapi kala hp android mereka seketika mati sendiri, hp android tidak bisa hidup kembali. Apalagi terdapat pula yang hadapi hp android mati total serta tidak bisa diisi baterai.

Nyatanya kamu tidak mau alami perihal tersebut bukan? Jadi, kala hp android kamu mati ataupun restart secara seketika, kamu wajib selekasnya mencari trik buat mengatasinya supaya tidak terulang kembali.

Mengapa HP Android Mati Mendadak?

Ada bermacam aspek mengapa hp android dapat seketika mati sendiri. Buat menangani HP Android yang restart sendiri, kamu bisa menguasai penyebabnya terlebih dulu dibawah ini.

1. Banyak File Sampah

Kala kamu membuka ataupun menjalankan aplikasi, sistem android memproduksi file cache. Bila file cache tersebut menumpuk, hingga hp android terasa lemot, error, force close, macet, sampai mati sendiri secara seketika.

2. Status Baterai

Perihal ini dapat saja diakibatkan sebab status baterai error. Contohnya energi baterai 80%, tetapi yang sesungguhnya ialah energi baterai tersisa 4% saja.

3. Baterai HP Android

Baterai HP yang telah usang, mungkin besar terjadi kerusakan dalam baterai tersebut. Baterai ialah sumber energi dari hp, jadi bila baterai rusak, sehingga bakal berpengaruh.

4. Kesalahan Sistem Android

Sistem pada Android yang error, bakal membuat hp restart ataupun mati sendiri. Perihal ini kerap berlangsung di hp android yang telah di root. Sebab hp yang telah root mempunyai akses buat mengganti serta menghapus file sistem yang berfungsi penting.

5. Komponen HP Rusak

Kmponen hp android yang telah tua, dapat jadi penyebab hp mati sendiri. Buat spesifiknya, dapat saja rusak pada komponen konektor, sampai komponen IC.

6. HP Sangat Panas( Overheat)

Komponen dalam hp android yang menerapkan kinerja sangat melampaui batas bisa membuat hp panas. Sistem android dirancang supaya menerapkan restart sendiri kala hardware mempunyai temperatur yang panas.

7. Membuka Aplikasi yang Rusak

Kala kamu membuka aplikasi yang menunjukkan pesan error, HP bakal mulai berat, sampai hadapi restart sendiri secara seketika. Aplikasi semacam ini, tidak bisa mencocokkan dengan fitur Sistem Android, sehingga membuat mati sendiri.

8. Pengaruh dari Root

Walaupun mengaplikasikan root android kerap dibilang mempengaruhi bagus buat kinerja hp android, tetapi dampak dari root bakal membuat hp kamu error serta mati sendiri. Alasannya, kala hp android telah di root, sehingga kamu bisa melewati batas yang sudah ditentukan, misalnya kamu memasang permainan yang berat serta sesungguhnya tidak sesuai pada hp android kepunyaan kamu.

Sehabis kamu telah mengenali apa saja penyebab smartphone android yang kerap restart ataupun mati sendiri, apakah ada salah satunya yang berlangsung di hp kamu? Bila iya, berikut sebagian panduan buat menangani nya.

Cara Mengatasi HP Android Tiba - Tiba Mati Sendiri

1. Membersihkan File Cache

Bereskan file sampah dari cache secara teratur supaya kinerja hp android bisa berjalan mudah serta tidak lemot. Cara mengatasi hp android yang tiba tiba mati sendiri ini lumayan jitu buat mengatasi hp android yang kerap mati sendiri secara seketika. Kamu bisa memakai fitur pembersih cache bawaan hp ataupun aplikasi dari playstore.

2. Pakai Memori Eksternal

Penyebab hp android kerap restart sendiri secara seketika ialah sebab penyimpanan internal telah penuh. Jadi, buat mengatasinya kamu bisa memakai memori eksternal buat tempat penyimpanan alternatif file di android kamu.

3. Memperbaiki Baterai yang Error

Status baterai yang tidak cocok bisa menimbulkan hp mati sendiri. Cara mengatasi android sering mati sendiri ialah dengan kalibrasi baterai memakai aplikasi Battery Calibration di Playstore.

4. Atur Temperatur HP Android

Temperatur panas di HP android kerap diakibatkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan yang membuat komponen chipset tidak normal. Mengurangi aplikasi yang terpasang, jangan membuka banyak aplikasi secara bertepatan, serta cobalah buat menyudahi memainkan hp android kamu sejenak.

5. Hapus Aplikasi yang Error

Buat mencari ketahui aplikasi mana yang error, cobalah buat membuka aplikasi satu persatu. Bila aplikasi membagikan pesan error ataupun force close, sehingga aplikasi tersebut wajib dihapus. Cukup pergi ke catatan aplikasi lewat menu pengaturan, setelah itu hapus aplikasi tersebut.

6. Unroot Android

Bila hp android kamu kerap mati sendiri sehabis kamu melaksanakan root, sehingga telah ditentukan kalau root ialah penyebabnya. Kamu wajib menerapkan unroot pada hp android buat mengatasinya.

7. Instal Aplikasi Antivirus

Instal aplikasi AntiVirus yang sanggup menghapus serta menghindari virus android supaya tidak bisa mengakses sistem hp android kamu. Kamu bisa memasang aplikasi Antivirus semacam AVG, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Gratis, serta yang yang lain lewat Playstore.

8. Gunakan Pembersih RAM.

RAM yang berjalan secara maksimal bisa mengendalikan temperatur hp android senantiasa nyaman. Kamu bisa memakai aplikasi pembersih ram dari playstore ataupun fitur yang ada pada bawaan hp kamu.

9. Factory Reset

Metode terakhir yang bisa kamu coba ialah dengan cara reset hp android. Tata cara memperbaiki android mati total karena jatuh ini bakal membuat hp android kembali ke pengaturan awal ataupun pabrik sehingga bakal membuat file sistem android kembali semacam baru.

Tetapi yakinkan buat menerapkan backup informasi di android kamu terlebih dulu supaya tidak hilang.

Kesimpulan

Bila sebagian panduan diatas tidak bisa menangani permasalahan pada hp android kepunyaan kamu, sehingga dianjurkan supaya pergi ke service android, sebab besar mungkin android kamu terjadi kerusakan pada komponen hardware.

Demikian sebagian cara mengatasi HP Android kerap restart ataupun mati sendiri secara seketika. Kamu bisa berupaya sebagian panduan yang telah dipaparkan diatas buat seluruh jenis android yang kamu pakai.

Apabila kamu hadapi kesusahan buat mempraktikkan pemecahan diatas buat membuat hp android kamu bisa bekerja kembali dengan wajar, silahkan tulisan di kolom komentar. Mudah- mudahan berguna serta selamat mencoba! 

Muhammad Fahkri
Muhammad Fahkri
Nama saya Muhammad Fahkri Saya kuliah di universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jurusan manajemen dakwah fakultas dakwah dan komunikasi
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.