5+ Trik Memotret di Smartphone Agar Hasilnya Bagus Seperti Kamera Digital

Setiap hari rasanya kita tak terlepas dari yang namanya memotret, entah untuk sekadar mengawetkan momen, ataupun mengunggahnya ke media sosial. Normalnya kita memakai kamera untuk memotret. Namun dengan dukungan teknologi, saat ini kita hanya butuh memakai smartphone.

Sayangnya, gambar yang dihasilkan device kadang tak setajam yang akan terjadi kamera digital. Jangan khawatir! Kalau kamu ikuti 5+ trik fotografi smartphone berikut ini jadi yang akan terjadi memotret di device kamu dapat sebagus kamera digital.

Tips & Trik Memotret di Smartphone Agar Hasilnya Bagus Seperti Kamera Digital

Trik Memotret di Smartphone Agar Hasilnya Bagus Seperti Kamera Digital

1. Perhatikan Cahaya di Sekitar Objek Foto

Cara memotret agar hasilnya bagus ini merupakan hal yang tak kalah penting. Komposisi cahaya yang baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Jika cahaya di kurang lebih objek kurang, hasilnya gambar terkesan berbintik dan pecah. Sebaliknya, apabila terlalu tak sedikit cahaya, hasilnya akan over-exposured.

2. Gunakan Tripod

Foto yang baik merupakan gambar yang tajam dan fokus. Lantas, bagaimana caranya mendapat gambar tajam? Salah satunya merupakan dengan memakai penyangga semacam Monopod alias Tripod. Dengan begitu, yang akan terjadi gambar setidaknya tak shaking alias blurry.

3. Gunakan Rule of Third

Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera smartphone. Tujuannya supaya pemakai dapat menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, dan menentukan titik luar biasa objek foto.

4. Gunakan Modus HDR

Untuk mendapat gambar lebih tajam, pemakai dapat mengaktifkan modus High Dynamic Range (HDR). HDR menggabungkan tiga exposure jadi aspek paling jelas dan gelap dapat terkesan jelas. Namun ukuran file gambar HDR relatif lebih besar dibanding ukuran file gambar biasa.

5. Gunakan Filter

Trik memotret menggunakan hp selanjutnya ialah dengan menggunakan filter. Setiap gambar tentu menceritakan kesan berbeda. Gunakanlah filter yang ada untuk mempertajam kesan itu. Misalnya untuk memberi kesan kalem, gunakan filter kebiruan. Sementara untuk memberi kesan elegan, gunakan filter kecoklatan.

Muhammad Fahkri
Muhammad Fahkri
Nama saya Muhammad Fahkri Saya kuliah di universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jurusan manajemen dakwah fakultas dakwah dan komunikasi
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.