Cara Membedakan HDD dan SSD yang Benar

Cara membedakan HDD serta SSD disaat ini dapat dibilang masih belum banyak yang tahu.

Bisa jadi sepanjang ini yang kita tahu kalau penyimpanan yang digunakan oleh pc ialah Hard Disk Drive, Floppy Drive, Flashdisk Drive serta Disk CD/ DVD. Akan tapi, terdapat salah satu media penyimpanan yang tengah banyak dibicarakan, ialah SSD.

Sesungguhnya, SSD serta HDD itu sama saja. Akan tapi, informasi yang ditaruh pada SSD tidak lewat magnetik seperti HDD, melainkan menyimpannya pada chip memory flash yang silih tersambung satu sama lain.

Guna Flash memory SSD dengan Flashdisk sangatlah berbeda. Chip flash memory yang ada pada SSD mempunyai kecepatan yang sangat besar dibanding dengan Flashdisk. Walaupun kapasitasnya sama, tetapi harga SSD ini lebih mahal dibandingkan Flashdisk.

Gimana Cara Membedakan HDD serta SSD?

Cara Membedakan HDD dan SSD

Ada sebagian cara yang digunakan buat perbedaan hdd dan ssd pada laptop, antara lain.

1. Dilihat dari Ukuran dan Beratnya

Semacam yang dikenal, perbedaan hdd dan ssd adalah kalau material ataupun komponen - komponen yang ada pada HDD sangat mempengaruhi akan besarnya dimensi, ukuran ataupun berat dari HDD tersebut.

Perihal ini berlangsung disebabkan HDD sangatlah tergantung dengan perputaran platter ataupun piringan yang terdapat di dalamnya sehingga HDD mempunyai batas dalam penentuan dimensi wujudnya.

Sebaliknya buat SSD wujudnya bisa dikecilkan ataupun diatur sebagus barangkali dengan menjajaki era. Buat disaat ini, SSD umumnya digunakan buat suatu Laptop dengan penyesuaian terlebih dulu menimpa ukurannya supaya bisa cocok dengan ukuran laptopnya.

2. Bersumber pada Kecepatan Read/ Write Data

Dalam permasalahan kecepatan, ada suatu perbandingan yang sangat mencolok. Bahwasanya walaupun ukurannya kecil serta minimalis, nyatanya kecepatan SSD ini sanggup menggapai 8 kali lebih cepat dari Hardisk.

Seperti itu cara membedakannya. Kemudian, SSD ini mempunyai sebagian keunggulan yang sangat mencolok, ialah.

  • SSD tidak mempunyai temperatur panas yang sangat besar.
  • Mengkonsumsi energi listrik sangatlah kecil.
  • SSD ini tidak berisik sebab tidak terdapat putaran motor serta piringannya.
  • Ukurannya kecil serta gampang buat dibawa kemana juga.
  • Kecepatannya sangat besar dibanding dengan HDD.
  • Buat harga, umumnya SSD ini jauh lebih mahal dibanding dengan HDD. Kira- kira harga per- GB dapat menggapai 9 kali dari harga HDD.

Mudah- mudahan postingan cara membedakan HDD serta SSD ini dapat berguna untuk kamu! 

Muhammad Fahkri
Muhammad Fahkri
Nama saya Muhammad Fahkri Saya kuliah di universitas Islam negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jurusan manajemen dakwah fakultas dakwah dan komunikasi
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.